Peran Kualitas Layanan dan Harapan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Nilai yang Dirasakan di wilayah kerja PLN UP3 Bandung

Detail Cantuman

Skripsi/Tesis

Peran Kualitas Layanan dan Harapan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Nilai yang Dirasakan di wilayah kerja PLN UP3 Bandung

XML

Kepuasan pelanggan menjadi tolok ukur penting dalam menilai kinerja BUMN karena berkaitan dengan kepercayaan publik dan kesinambungan layanan. Dalam sektor ketenagalistrikan, keberhasilan layanan tidak hanya diukur dari aspek teknis, tetapi juga dari kemampuan memenuhi harapan dan menciptakan nilai bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harapan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai yang dirasakan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori. Data dikumpulkan dari 249 pelanggan PLN UP3 Bandung yang pernah menggunakan layanan contact center dalam enam bulan terakhir, melalui teknik purposive sampling. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan SPSS, sedangkan analisis data menggunakan metode SEM berbasis Partial Least Square melalui SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap nilai yang dirasakan dan kepuasan pelanggan dengan nilai analisis jalur sebesar 0.688. Harapan pelanggan berpengaruh terhadap nilai yang dirasakan sebesar 0.241. Nilai yang dirasakan terbukti memediasi hubungan antara variabel bebas dan kepuasan sebesar 0.823. Berdasarkan temuan ini, dirumuskan lima rencana aksi strategis untuk PLN UP3 Bandung. Untuk studi lanjutan dapat mempertimbangkan data objektif seperti waktu nyata respon gangguan, jumlah petugas, atau efektivitas sistem informasi internal PLN. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkuat strategi pelayanan publik berbasis pengalaman pelanggan dan memperluas pemahaman mengenai peran nilai dalam kepuasan pelanggan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Izza Nur Lathifa Siregar - Personal Name
Student ID
21110077
Dosen Pembimbing
Nanda Ravenska, S.SI., M.A.B - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dra. F. Laksmi Fitriani, MM - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Program Studi Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Sektor Publik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Politeknik STIA LAN Bandung : Bandung.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
08892713149
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail