EVALUASI KINERJA PENYELENGGARAAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN CIANJUR

Detail Cantuman

Skripsi

EVALUASI KINERJA PENYELENGGARAAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN CIANJUR

XML

ABSTRAK

EVALUASI KINERJA PENYELENGGARAAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN CIANJUR

Oleh:
Muhamad Nur Wibisana
20110134

(Program Studi Sarjana Terapan Administrasi Pembangunan Negara)


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur, merekomendasikan upaya untuk meningkatkan kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur. Evaluasi ini menggunakan Pedoman Menteri PANRB No.1 Tahun 2020 Tentang Instrumen dan Mekanisme Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik berdasarkan aspek; Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan, Inovasi. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan telaah dokumen. Hasil dari evaluasi berdasarkan Pedoman Menteri PANRB No.1 Tahun 2020 menunjukan bahwa Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Karangtengah belum optimal. Pemicu penurunan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Karangtengah disebabkan oleh kurang rinci standar pelayanan yang ditetapkan, penempatan siswa/i PKL di bagian pelayanan umum, sarana dan prasarana yang kurang, pengelolaan sistem informasi pelayanan publik yang belum optimal, tidak adanya sarana khusus untuk konsultasi dan pengaduan, dan juga kantor kecamatan belum melakukan sebuah inovasi. Upaya peningkatan penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan dengan membuat standar pelayanan yang memuat uraian, penempatan siswa/I di back office, pembuatan jalur khusus kursi roda, mengadakan pelatihan untuk pegawai kecamatan dalam mengelola dan memperbarui website secara berkala, membuat layananan WA center, melakukan kerjasama dengan perusahaan IT agar dapat mengadopsi sistem layanan untuk mempercepat layanan.
Kata Kunci: Pemerintahan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Evaluasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhamad Nur Wibisana - Personal Name
Student ID
20110134
Dosen Pembimbing
Ati Rahmawati, S.I.P., M.E. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Politeknik STIA LAN Bandung : Bandung.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail