Skripsi
EVALUASI KINERJA PENYELENGGARAAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN CIANJUR
XMLABSTRAK
EVALUASI KINERJA PENYELENGGARAAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN CIANJUR
Oleh:
Muhamad Nur Wibisana
20110134
(Program Studi Sarjana Terapan Administrasi Pembangunan Negara)
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur, merekomendasikan upaya untuk meningkatkan kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur. Evaluasi ini menggunakan Pedoman Menteri PANRB No.1 Tahun 2020 Tentang Instrumen dan Mekanisme Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik berdasarkan aspek; Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan, Inovasi. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan telaah dokumen. Hasil dari evaluasi berdasarkan Pedoman Menteri PANRB No.1 Tahun 2020 menunjukan bahwa Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Karangtengah belum optimal. Pemicu penurunan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Karangtengah disebabkan oleh kurang rinci standar pelayanan yang ditetapkan, penempatan siswa/i PKL di bagian pelayanan umum, sarana dan prasarana yang kurang, pengelolaan sistem informasi pelayanan publik yang belum optimal, tidak adanya sarana khusus untuk konsultasi dan pengaduan, dan juga kantor kecamatan belum melakukan sebuah inovasi. Upaya peningkatan penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan dengan membuat standar pelayanan yang memuat uraian, penempatan siswa/I di back office, pembuatan jalur khusus kursi roda, mengadakan pelatihan untuk pegawai kecamatan dalam mengelola dan memperbarui website secara berkala, membuat layananan WA center, melakukan kerjasama dengan perusahaan IT agar dapat mengadopsi sistem layanan untuk mempercepat layanan.
Kata Kunci: Pemerintahan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Evaluasi
Detail Information
| Item Type |
Skripsi
|
|---|---|
| Penulis |
Muhamad Nur Wibisana - Personal Name
|
| Student ID |
20110134
|
| Dosen Pembimbing |
Ati Rahmawati, S.I.P., M.E. - - Dosen Pembimbing 1
|
| Penguji |
Rr. Arundina Dijah R.P, MA., Ph.D. - - Ketua Penguji
|
| Kode Prodi PDDIKTI | |
| Edisi | |
| Departement | |
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Politeknik STIA LAN Bandung : Bandung., 2024 |
| Edisi | |
| Subyek | |
| No Panggil | |
| Copyright | |
| Doi |







